Sun, Oct 2, 2022

SIT AULIYA DAN ISTIYA BERKOLABORASI MENCETAK GENERASI CERDAS DAN ISLAMI

SIT AULIYA DAN ISTIYA BERKOLABORASI MENCETAK GENERASI CERDAS DAN ISLAMI

Sekolah Islam Terpadu (SIT) AULIYA mengadakan Sharing Session dan Pengukuhan ISTIYA Tahun Ajaran 2022-2023 pada Sabtu di Titan Center Bintaro (27/8). Acara ini dihadiri oleh Kepala Sekolah termasuk juga Yayasan Sekolah, perwakilan Koordinator Kelas (Kokes), Ikatan Silaturahim Orang Tua Siswa Auliya (ISTIYA) atau Komite Sekolah, Pengurus Koperasi dan Pengurus Majelis Taklim Auliya.

AULIYA Sharing Session merupakan sebuah program dari SIT AULIYA yang menerapkan sistem kolaborasi antara orang tua yang menjadi Kokes dan pihak sekolah, baik itu Guru, Kepala Sekolah termasuk Yayasan Sekolah.

Acara ini digelar dengan format dialog kolaborasi antara orang tua siswa dengan sekolah. AULIYA Sharing Session menjadi wadah penyampaian aspirasi orang tua terhadap sekolah. “ISTIYA sebagai semacam perwakilan orangtua siswa di sekolah perlu tahu lebih dalam, lebih detail tentang perkembangan, inovasi-inovasi sekolah di tahun pelajaran ini, sebelum nantinya mereka ngobrol atau berdiskusi dgn para ortu siswa lainnya. Kami juga berharap adanya kerjasama atau kolaborasi dengan ISTIYA terkait dengan sukses program pembelajaran yang digulirkan tahun ini.“ ujar  Bapak Triwisaksana, Ketua Pengurus Yayasan AULIYA Insan Utama.

Contohnya adalah pembelajaran Ekstra Kulikuler (Ekskul) yang dikelola oleh ISTIYA, juga Program Utama (Protam), misalnya Karakter dan Skill, yang diadakan bersama dengan ISTIYA. Beberapa layanan sekolah seperti antar jemput dan catering dan buku paket dikelola oleh ISTIYA dan koperasi dikelola oleh orang tua siswa.

Dalam kesempatan ini, ISTIYA menyampaikan aspirasinya, apa saja yang harus diperbaiki oleh sekolah, misal sarana prasarana apa yang harus ditambah, lalu terkait mutu pendidikan dan apa yang harus ditingkatkan. Hasilnya akan menjadi input atau masukan untuk sekolah agar menjadi lebih baik lagi. “ISTIYA nantinya menjadi semacam panitia dalam berkolaborasi untuk menjalankan berbagai program-program sekolah, “ tambah Bapak Triwisaksana

Pada acara Auliya Sharing Session ini juga diadakan prosesi pengukuhan ISTIYA yang mengganti Badan Pengurus Harian (BPH) periode lalu dengan orang tua siswa yang akan menjabat di periode 2022-2023. Prosesi pengukuhan dilakukan dengan penandatanganan secara digital oleh Bapak Triwisaksana untuk mengesahkan ketua, wakil ketua, sekretaris dan bendahara ISTIYA.

“Kita perlu saling mengerti dan bekerjasama agar pendidikan anak-anak sebagai investasi terpenting keluarga kita tetap aman, tidak terpengaruh banyak terkait dengan krisis yang sekarang tengah terjadi. Oleh karenanya, pertemuan, komunikasi antara sekolah AULIYA dan ISTIYA ini harus kerap sekali terjadi, “ tutup Bapak Triwisaksana.

Author’s Posts

Related Articles