Sun, Oct 2, 2022

5 TIPS SUKSES MENGHADAPI PENILAIAN TENGAH SEMESTER

5 TIPS SUKSES MENGHADAPI PENILAIAN TENGAH SEMESTER

Penilaian Tengah Semester (PTS) sebentar lagi akan tiba. Bukan waktunya untuk berleha-leha, apalagi masih asyik ber-social media bahkan tak mau absen dari nonton film Drama Korea. Sungguh indahnya dunia!.

Seharusnya, Masa-masa PTS ini adalah masa penuh perihatin, capek, dan pusing karena begitu banyak materi yang harus kita hafal, mengerti dan pahami agar kita suskses menjawab soalsoal yang diberikan guru dengan benar serta mendapatkan hasil yang memuaskan.

Maka dari itu, ayo segeralah bangkit!, singsingkan lengan bajumu! dan bersungguhsungguhlah untuk menghadapinya.

Jika masih bingung, harus melakukan apa dan bagaimana, berikut tips-tips yang bisa kamu terapkan agar bisa sukses dalam menghadapi PTS ini.

1. Belajar dengan Sungguh-Sungguh

Mengapa ada kata “Sungguh-Sungguh”? karena belajar biasa saja tidak cukup. Ingatlah, dan ucapkan mantra ini “MAN JADDA WA JADA” Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil. Setiap orang mempunyai cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang belajar harus dengan duduk diatas kursi dan meja di depannya, ada yang suka belajar sambil mendengarkan musik, ada yang harus bersuara, ada yang belajar tidak mengeluarkan sepatah kata pun, semua itu tidak masalah. Carilah cara belajar yang kamu sukai dengan syarat “Sungguh-Sungguh”. In Syaa Allah akan cepat mengerti dan paham.

2. Bertanya Kepada Orang yang Lebih Paham

Jika memang kita belum paham akan suatu hal terkhusus materi pelajaran, hendaknya kita bertanya kepada ahlinya. Karena Allah berfirman dalam surat An-Nahl ayat 43:

ُفَاسْـَٔلُوْٓا اَهْلَ الذِّكْرِ اِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَۙ  ٤٣ُ......."

“........ Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui”.

Bertanya bisa kepada guru, orang tua, kakak, saudara, atau bahkan teman kita jika ia memang paham betul tentang materi pelajaran tersebut. Malu bertanya, sesat di jalan!. Maka bertanyalah jika memang kita tidak paham dan mengerti.

3. Manajemen Waktu

Orang cerdas adalah orang yang bisa mengatur waktu dengan baik. Ia tahu kapan belajar, kapan istirahat, kapan harus tidur, hari ini melakukan apa saja, semuanya sudah teratur dan terjadwal dengan rapih. Maka, buatlah jadwal atau schedule selama PTS ini. Setelah subuh ialah waktu yang paling baik untuk belajar, karena otak kita masih fresh dan pelajaran akan mudah dimengerti. Untuk lebih efisien, bisa juga untuk mengatur pengelompokan buku. Misal, buku-buku yang perlu untuk dihapalkan materinya kita letakan di kotak A, kemudian buku yang butuh dimengerti saja isinya kita taruh di kotak B, atau buku yang butuh dihapal dan dimengerti isinya kita letakan di kotak C, dan seterusnya. Sehingga ketika kita akan belajar tidak harus mencari-cari buku tersebut dan menghabiskan banyak waktu.

4. Menjaga Kesehatan

Tak kalah penting, bahkan wajib kita sadari apalagi di masa pandemi seperti ini. Yaitu pentingnya menjaga kesehatan. Makanlah secara teratur, Minumlah vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, tidurlah yang cukup sehingga badan kita tetap sehat selama PTS berlangsung. Bayangkan saja jika kamu sakit, kemudian tidak bisa mengikuti PTS, pastinya kamu harus mengikuti jadwal PTS susulan kan?. Sebelum itu terjadi, maka jaglah kesehatan!

5. Memperbanyak Ibadah

Terakhir, perbanyaklah ibadah. Sejatinya semua ilmu adalah milik Allah, maka mintalah kepada Sang Pemilik Ilmu. Memperbanyak sholat sunnah seperti shalat hajat, berdoa, mintalah agar dimudahkan dalam menjawab soal-soal ujian, mintalah agar diberikan kemudahan dalam belajar, dan mintalah agar ilmu yang kita dapat menjadi ilmu yang bermanfaat.

Belajar Tanpa Berdoa itu SOMBONG

Berdoa Tanpa Belajar itu BOHONG

Semoga tips-tips diatas bisa membantu dan bermanfaat. Selamat dan Sukses dalam menghadapi PTS. Good Luck!

Author’s Posts

Related Articles